MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM WILAYAH BINAAN DI KABUPATEN SAMPANG

  • AHMAD SAIDIL AHMADI Pengawas SMA Kabupaten Sampang

Abstract

Permasalahan yang diangkat dirumuskan penelitian ini adalah Apakah Supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran PBAS di SMA dalam wilayah binaan di Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2016/2017?. Subyek penelitian dalam hal ini adalah guru dalam menerapkan PBAS dalam wilayah bnaan di Kabupaten Sampang Tahun Pelajaran 2016/2017. Karena yang diteliti sejumlah 5 (lima) Sekolah , maka jumlah subyek penelitiannya juga lima orang guru. Dari kelima subyek penelitian tersebut semuanya adalah guru kelas dan telah mempunyai masa kerja yang cukup, karena rata-rata guru yang besangkutan telah mempunyai masa kerja diatas 5 tahun. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan supervisi akademik dengan pendekatan kemitraan siklus pertama tingkat keberhasilan dalam menyusun RPP mencapai 50%,sedangkan siklus kedua mencapai 70% dan pada siklus ketiga mencapai 100 %.Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 50% sedangkan pada siklus kedua 80% dan pada siklus ketiga 90 %.

Published
Aug 1, 2018
How to Cite
AHMADI, AHMAD SAIDIL. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI AKTIVITAS SISWA (PBAS) MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DALAM WILAYAH BINAAN DI KABUPATEN SAMPANG. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 159- 177, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/572>. Date accessed: 15 nov. 2018.