MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN GROUP DISCUSSION DI SMPN 3 BANGKALAN

  • Machsusiah Machsusiah SMPN 3 Bangkalan

Abstract

Salah satu metode yang dapat diterapkan guru dalam rangka pembelajaran aktif adalah pendekatan saintifik. Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikut: Apakah Supervisi klinis dengan pendekatan Group Discussion dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan pembelajaran saintifik di smpn 3 Bangkalan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menyusun RPP dan menerapkan pembelajaran Saintifik setelah dilakukannya supervisi klinis dengan pendekatan Group Discussion di SMPN 3 Bangkalan.Subyek penelitiannya adalah 6 orang guru di SMPN 3 Bangkalan. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan sekolah dengan tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi.Penelitian ini dilakukan 3 (tiga) siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut siklus pertama tingkat keberhasilan dalam penyusunan RPP mencapai 17%,sedangkan siklus kedua mencapai 67% dan pada siklus ketiga mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 17% sedangkan pada siklus kedua 67% dan pada siklus ketiga 100%.

Published
Aug 16, 2018
How to Cite
MACHSUSIAH, Machsusiah. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN GROUP DISCUSSION DI SMPN 3 BANGKALAN. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 144- 158, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/571>. Date accessed: 15 nov. 2018.