PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL MODEL PENGAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAMAL BANGKALAN

  • Husdi Husdi SMPN 1 Kamal Bangkalan

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar PKn dengan diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together ? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran Learning Together terhadap motivasi belajar PKn . Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengjaran Learning Together. (b.) Mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran bebasis masalah. (c) Menyempurnakan pelaksanaan pembelajaran PKn . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari 4 tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMPN 1 Kamal Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu , siklus I (60%), siklus II (80%), siklus III (92%).

Published
Aug 16, 2018
How to Cite
HUSDI, Husdi. PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTEKTUAL MODEL PENGAJARAN LEARNING TOGETHER DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 1 KAMAL BANGKALAN. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 129- 143, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/570>. Date accessed: 12 dec. 2018.