Penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SDN Pangeranan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Andrijati Rahmah SDN Pangeranan 4 Kab. Bangkalan

Abstract

Seorang guru harus teliti dalam memilih metode pembelajaran yang akan diterapkan kepada anak didiknya. Dengan menggunakan metode ceramah dan metode simulasi peneliti berharap dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai materi pada mata pelajaran PKn. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah gabungan metode ceramah dengan metode simulasi dapat meningkat kanprestasi belajar PKn siswa Kelas VI SDN Pangeranan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017? (b) Bagaimanakah pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode simulasi terhadap motivasi belajar siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengetahui pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode simulasi terhadap prestasi belajar Ilmu PKn siswa Kelas VI SDN Pangeranan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. (b) Untuk mengungkap gabungan metode ceramah dengan metode simulasi terhadap motivasi belajar PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (60%), siklus II (90%).

Published
Aug 16, 2018
How to Cite
RAHMAH, Andrijati. Penerapan Gabungan Metode Ceramah dengan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Pada Siswa Kelas VI SDN Pangeranan 4 Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 116- 128, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/569>. Date accessed: 15 nov. 2018.