IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DI SMPN 3 BURNEH, KECAMATAN BURNEH KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • BAMBANG AT Kepala SMPN 3 Burneh Tanjungbumi

Abstract

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka guru harus memiliki kompetensi sebagai guru yang berkualitas, serta mampu menentukan dan memilih berbagai model, pendekatan, strategi, media, dan metode yang tepat dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna agar siswa termotivasi untuk belajar, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Penelitian ini Berdasarkan permasalahan “ Apakah Supervisi Klinis dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapakan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) di SMPN 3 Burneh Kecamatan Burneh Kabupaten bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017 ?” Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimanakah peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan metode pembelajaran kooperatif model Group Investigation (GI) di SMPN 3 Burneh Kecamatan Burneh Kabupaten bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017 setelah diterapkan supervisi klinis. Penelitian ini menggunakan tindakan (Action research) sebanyak tiga siklus dengan hasil penelitian untuk ketuntasan penyusunan RPP sebesar 17% untuk siklus I, 67% untuk siklus 2, 100% untuk siklus 3. Sedangkan untuk pelaksanaan pembelajaran prosentase ketuntasan siklus 1 sebesar 17%, siklus 2 sebesar 67% dan siklus 3 sebesar 100%.

Published
2018-08-16