MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDAMPINGAN DALAM PEMBELAJARAN DI SDN AENGTABAR 2 KECAMATAN TANJUNGBUMI KAB. BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • SUSANTO SUSANTO SDN AENGTABAR 2 TANJUNGBUMI

Abstract

Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikut Apakah pendampingan dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode demonstrasi di SDN Aengtabar 2 Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian yang dimaksud adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan metode demonstrasi melalui pendampingan dalam pembelajaran di di SDN Aengtabar 2 Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek penelitiannya adalah guru di SDN Aengtabar 2 Kecamatan Tanjungbumi Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 10 orang. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan sekolah dengan tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan 3 (tiga) siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut siklus pertama tingkat keberhasilan dalam penyusunan RPP mencapai 50%,sedangkan siklus kedua mencapai 70% an pada siklus ketiga mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 60% sedangkan pada siklus kedua 80% dan pada siklus ketiga 90%.

Published
Aug 16, 2018
How to Cite
SUSANTO, SUSANTO. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DEMONSTRASI MELALUI PENDAMPINGAN DALAM PEMBELAJARAN DI SDN AENGTABAR 2 KECAMATAN TANJUNGBUMI KAB. BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 86- 101, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/567>. Date accessed: 15 nov. 2018.