Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas IX-B SMPN 1 Bangkalan Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018

  • ACHMAD ANWARI SMPN 1 BANGKALAN

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi dan penguasaan materi pelajaran IPS dengan diterapkannya metode pembelajaran kontektual model pembelajarn berbasis masalah? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dalam membantu siswa meningkatkan pemahaman dan motivasi belajar IPS?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui bagaimana prestasi, pemahaman dan penguasaan mata pelajaran IPS setelah diterapkannya pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah. (b) Ingin mengetahui pengaruhnya metode pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah dalam meningkatkan prestasi dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran IPS setelah diterapkan pembelajaran kontekstual model pengajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IX-B SMPN 1 Bangkalan Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62,50%), siklus II (81,25%), siklus III (87,50%).

Published
Aug 1, 2018
How to Cite
ANWARI, ACHMAD. Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Siswa Kelas IX-B SMPN 1 Bangkalan Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 73- 85, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/566>. Date accessed: 15 nov. 2018.