PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

  • Siti Supertini SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Apakah ada pengaruh model quantum teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Apakah ada pengaruh model quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%), siklus II (81%), siklus III (94%). Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran

Published
Aug 15, 2018
How to Cite
SUPERTINI, Siti. PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 59- 72, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/565>. Date accessed: 15 nov. 2018.