PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS

  • Siti Supertini SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : (1) Apakah ada pengaruh model quantum teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Apakah ada pengaruh model quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini dapat dirumuskan sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dalam upaya meningkatkan prestasi belajar IPS siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, (2) Untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (62%), siklus II (81%), siklus III (94%). Simpulan dari penelitian ini adalah gabungan metode ceramah dengan kelompok kerja dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 2 Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran

Published
2018-08-15