MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TURNAMEN (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAR 2 GALIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

  • ETIK DWI w SDN BANJAR 2 GALIS

Abstract

Matematika merupakan suatu bahan kajian yang memiliki objek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diperoleh sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antar konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas. Dalam pembelajaran matematika agar mudah dimengerti oleh siswa, proses penalaran deduktif untuk menguatkan pemahaman yang sudah dimiliki oleh siswa. Tujuan pembelajaran matematika adalah melatih cara berfikir secara sistematis, logis, kritis, kreatif dan konsisten. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya model pembelajaran turnamen (TGT)? (b) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran turnamen (TGT)terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran turnamen (TGT). (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran turnamen (TGT). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Banjar 2 Galis Kabupaten Bangkalan Tahun pelajaran 2015/2016. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (63%), siklus II (74%), siklus III (95%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model TGT dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas IV SDN Banjar 2 Galis Kabupaten Bangkalan Tahun pelajaran 2015/2016, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika.

Published
Aug 15, 2018
How to Cite
W, ETIK DWI. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TURNAMEN (TGT) PADA SISWA KELAS IV SDN BANJAR 2 GALIS KABUPATEN BANGKALAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 32- 45, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/563>. Date accessed: 15 nov. 2018.