PENERAPAN GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE TPS UNTUK MENINGKATKAN PRESATSI BELAJAR IPA

  • Agus Sufiati SD Negeri Pangeranan 5, Bangkalan

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah: (a) Apakah gabungan metode ceramah dengan metode tps berpengaruh terhadap hasil belajar Sains? (b) Bagaimanakah pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode tps terhadap motivasi belajar siswa?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode tps terhadap hasil belajar Sains. (b) Untuk mengungkap gabungan metode ceramah dengan metode tps terhadap motivasi belajar Sains. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri Pangeranan 4 Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (65,38%), siklus II (80,76%), siklus III (92,30%). Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan gabungan metode ceramah dengan metode tps dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Pangeranan 4 Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran mata pelajaran yang lain.

Published
2018-08-15