Pengaruh Penerapan Metode Diskusi dan Metode Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tolbuk Kecamatan Klampis

  • Sunarti Sunarti SDN Tolbuk- Kec.Klampis-Bangkalan

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang relevan dengan ciri materi pembelajaran akan dapat membantu kelancaran, efektivitas dan efisiensi pencapaian tujuan. Bahan pelajaran dimanipulasi dalam bentuk media belajar yang memudahkan dan memotivasi siswa mencapai hasil belajar yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan metode diskusi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan metode inkuiri terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan penerapan metode inkuiri dan metode dikusi terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis jika diterapkan secara bersama-sama.Dalam penelitian ini karena populasinya tidak terlalu banyak yakni jumlah siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis hanya 25 orang siswa, maka semua siswa dijadikan sampel dalam penelitian. Dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode tes. Kesimpulan yang diperoleh setelah diadakan penelitian dan analisa data maka: 1) Ada pengaruh penerapan metode diskusi terhadap prestasi belajar ips siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis, 2) Ada pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap prestasi belajar ips siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis, 3) Ada pengaruh penerapan metode diskusi dan metode inkuiri terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas V SDN Tolbuk, Kecamatan Klampis jika diterapkan secara bersama-sama

Published
Aug 15, 2018
How to Cite
SUNARTI, Sunarti. Pengaruh Penerapan Metode Diskusi dan Metode Inkuiri Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tolbuk Kecamatan Klampis. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 1- 16, aug. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/561>. Date accessed: 15 nov. 2018.