Meningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Diskusi Kelompok Kecil di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • ZAINAL MUSTAFA Pengawas SD Kec.Tragah-Bangkalan

Abstract

Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikutApakah Diskusi kelompok kecil dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian yang dimaksud adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis masalah melalui diskusi kelompok kecil di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017.Subyek penelitiannya adalah guru di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017 sejumlah 6 orang. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan sekolah dengan tiga siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan 3 (tiga) siklus dengan hasil penelitian sebagai berikut siklus pertama tingkat keberhasilan dalam penyusunan RPP mencapai 33,33%,sedangkan siklus kedua mencapai 66,67% dan pada siklus ketiga mencapai 100%.Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 33,33% sedangkan pada siklus kedua 66,67% dan pada siklus ketiga 100%.

Published
May 2, 2018
How to Cite
MUSTAFA, ZAINAL. Meningkatan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Masalah melalui Diskusi Kelompok Kecil di SDN Soket Dajah 1 Kecamatan Tragah Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 279- 291, may 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/432>. Date accessed: 18 oct. 2018.