Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Model STAD melalui Pendampingan dalam Pembelajaran di beberapa SMP binaan di Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Asmad Septiyoso Pengawas SMP Kec. Bangkalan

Abstract

Penelitian ini mengungkap permasalahan; 1). Bagaimana Pendampingan dalam
pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun rencana
pembelajaran dengan model STAD (Student Teams Achivement Division) di SMPN
dalam wilayah binaan Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran
2016/2017? 2). Bagaimana Pendampingan dalam pembelajaran dapat meningkatkan
kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model STAD (Student
Teams Achivement Division) di SMPN dalam wilayah binaan Kecamatan Bangkalan
Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017? Subyek penelitiannya adalah guru di
di SMPN dalam wilayah binaan Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan sejumlah 6
orang guru yang mengajar. Model penelitian ini adalah merupakan penelitian tindakan
dengan dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi
dan dokumentasi. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan
pembelajaran kooperatif model STAD siklus pertama tingkat keberhasilan dalam
menyusun RPP mencapai 33%, sedangkan siklus kedua mencapai 67%, siklus ketiga
mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat
keberhasilan 33% sedangkan pada siklus kedua 67%, dan siklus ketiga mencapai 100%.

Published
2018-05-01