Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran CBSA melalui Supervisi Akademik dengan Pendekatan Kolaboratif di SDN Klampis Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Tutik Suhermiasih SDN Klampis Barat

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah Supervisi akademik dengan pendekatan Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran CBSA di SDN Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017?. Subyek penelitian dalam hal ini adalah guru dalam menerapkan CBSA di SDN Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Guru yang diteliti sejumlah 6 orang guru. Dari kesepuluh subyek penelitian tersebut semuanya adalah guru kelas dan telah mempunyai masa kerja yang cukup. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan supervisi akademik dengan pendekatan kolaboratif siklus pertama tingkat keberhasilan dalam menyusun RPP mencapai 17%,sedangkan siklus kedua mencapai 50% dan pada siklus ketiga mencapai 100 %. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 17% sedangkan pada siklus kedua 67% dan pada siklus ketiga 83 %. Kesimpulan yang diambil adalah bahwa supervisi akademik dengan pendekatan Kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan guru di SDN Klampis Barat Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam menerapkan pembelajaran CBSA.

Published
Apr 30, 2018
How to Cite
SUHERMIASIH, Tutik. Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran CBSA melalui Supervisi Akademik dengan Pendekatan Kolaboratif di SDN Klampis Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 256-266, apr. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/429>. Date accessed: 12 dec. 2018.