Meningkatkan Keterampilan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Paikem Melalui Bimbingan Teknis Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016

  • Mistaryono Mistaryono SMP Negeri 2 Kamal-Bangkalan

Abstract

Permasalahan yang diangkat dirumuskan sebagai berikut : (1)Bagaimanakah peningkatan Keterampilan Guru dalam setelah Menerapkan Pembelajaran PAIKEM Melalui Bimbingan teknis Pembelajaran di SMP Negeri 2 Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016?; (2) Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran PAKEM melalui bimbingan teknis di SMP Negeri 2 Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016?. Subyek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia dalam menerapkan PAIKEM pada SMP Negeri 2 Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016. Yang diteliti sejumlah 5 orang guru. Dari kelima subyek penelitian tersebut semuanya adalah guru pengajar aktif dan telah mempunyai masa kerja yang cukup. Hasil penelitian per siklus diketahui bahwa dengan menggunakan supervisi akademik dengan pendekatan kemitraan siklus pertama tingkat keberhasilan dalam menyusun RPP mencapai 50%, sedangkan siklus kedua mencapai 70% dan pada siklus ketiga mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran pada siklus pertama tingkat keberhasilan 50% sedangkan pada siklus kedua 80% dan pada siklus ketiga 90%. Berdasar hasil penelitian dan pembahasan dapatlah disimpulkan bahwa : Menerapkan pembelajaran PAIKEM melalui bimbingan teknis dapat meningkatkan kemampuan guru di SMP Negeri 2 Kamal Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Published
2018-04-30