Penggunaan Model Pembelajaran Terpadu sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn Pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kokop Kabupaten Bangkalan

  • Sumarni Sumarni SMP Negeri 1 Kokop-Bangkalan

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat mengakibatkan perubahan di segala bidang kehidupan. Kemajuan ini tentu memberi dampak pada lembaga pendidikan salah satunya, dim ana lem baga pendidikan dituntut untuk dapat menyelenggarakan proses pendidikan secara optimal dan aktif sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (Action Research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018. Dari hasil kondisi awal prestasi siswa dapat dililhat siswa yang tuntas belajar sebanyak 8 siswa, hal itu besar presentasenya adalah 33,33%. Pada siklus 1 siswa yang tuntas belajar sebanyak 13 siswa atau sebesar 54,17%. Sedangkan pada siklus 2 siswa yang tuntas belajar sebesar 19 siswa atau 79,19%, hal itu menunjukkan peningkatan yang signifikan terhadap prestasi siswa setelah pengunaan pembelajaran terpadu. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran terpadu dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pada siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Kokop Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Published
2018-04-19