Penerapan Metode Discovery Dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Perubahan Lingkungan Fisik Mata Pelajaran IPA Pada Siswa Kelas IV SDN Langkap 5 Burneh Bangkalan Tahun Pelajaran 2017/2018.

  • Muhammad Syafii SDN Langkap 5 Burneh-Bangkalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap a). Pengaruh pembelajaran model discovery terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran model discovery pada siswa Kelas IV SDN Langkap 5 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas IV SDN Langkap 5 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,00%), siklus II (80,00%), siklus III (82,35%).

Published
2018-04-19