Penerapan Model Pengajaran Inquary Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VI SDN Banangkah 2 Burneh-Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • uddin uddin SDN Banangkah 2 Burneh-Bangkalan

Abstract

Permasalahan yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Apakah model pengajaran Inquary berpengaruh terhadap hasil belajar Pendidikan Kewaganegaraan? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Pendidikan Kewaganegaraan dengan diterapkannya model pengajaran Inquary? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh model pengajaran Inquary terhadap hasil belajar Pendidikan Kewaganegaraan. (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Pendidikan Kewaganegaraan setelah diterapkannya model pengajaran Inquary pada siswa Kelas VI SDN Banangkah 2 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas SDN Banangkah 2 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2016/2017. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60,00%), siklus II (80,00%), siklus III (82,35

Published
Apr 19, 2018
How to Cite
UDDIN, uddin. Penerapan Model Pengajaran Inquary Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn Siswa Kelas VI SDN Banangkah 2 Burneh-Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 188-198, apr. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/417>. Date accessed: 12 dec. 2018.