Melalui Pembelajaran Model Kontruktivisme Dapat Meningkatkan Kemampuan Memahami Sejarah Kemerdekaan Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018.

  • Muallimin Muallimin SDN Tunjung 4 Burneh-Bangkalan

Abstract

Tujuan penelitian ini mengungkap a). Pengaruh pembelajaran model konstruktivisme terhadap hasil belajar mata pelajaran PKn. b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran model konstruktivisme pada siswa Kelas VI SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (72,02), siklus II (79,32), Simpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran model konstruktivisme dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VI SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018. serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran PKn

Published
Apr 19, 2018
How to Cite
MUALLIMIN, Muallimin. Melalui Pembelajaran Model Kontruktivisme Dapat Meningkatkan Kemampuan Memahami Sejarah Kemerdekaan Mata Pelajaran PKn Siswa Kelas VI SDN Tunjung 4 Kecamatan Burneh Tahun Pelajaran 2017/2018.. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 173- 187, apr. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/414>. Date accessed: 18 oct. 2018.