Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel pada Siswa Kelas VI SDN Pangolangan 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017

  • Raden Syaiful Hamzah SDN Pangolanagan 2 Burneh-Bangkalan

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah mampukah teknik Skrambel ini meningkatkan keterampilan membaca pemahaman dan mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi secara konkret penggunaan teknik skrambel dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dan perubahan tingkah laku siswa selama dan setelah kegiatan pembelajaran. Subyek peneliltian ini adalah siswa kelas VI SDN Pangolangan 2 Kecamatan Burneh tahun pelajaran 2017 / 2018 , yang terdiri atas 22 siswa. Dengan Variabel penelitian:(1) kemampuan membaca pemahaman,(2) penggunaan teknik Skrambel. Instrumen peneliltian berupa tes dan nontes.Proses tindakan kelas meliputi siklus I dan siklus II, dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil tes awal dan tes akhir sikllus I diperoleh t = 7, 547 lebih besar dari taraf signifikansi 5 %. Hasil tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II diperoleh t = 8, 018 lebih besar dari taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hal tersebut, teknik skrambel dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti teknik ini dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman yang ditandai dengan perubahan perilaku siswa.

Published
Apr 19, 2018
How to Cite
HAMZAH, Raden Syaiful. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel pada Siswa Kelas VI SDN Pangolangan 2 Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 147-161, apr. 2018. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/412>. Date accessed: 18 oct. 2018.