PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 3 BANGKALAN

  • Dewi Nurhayati SMAN 3 Bangkalan
Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe STAD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran peristiwa-peristiwa penting di sekitar proklamasi mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 2 SMA Negeri 3 Bangkalan setelah belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Objek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 2 yang terdiri dari 32 siswa. Alat pengumpul data meliputi tes berbentuk objektif yang terdiri dari 10 soal masing-masing untuk pertemuan pertama dan kedua. Rata-rata hasil belajar siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pertemuan pertama sebesar 72,26 dan pertemuan kedua sebesar 80. Ketuntasan siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pertemuan pertama sebesar 74,19% dan pada pertemuan kedua sebesar 87,10%. Dari rata-rata hasil belajar siswa pada pertemuan pertama dan kedua tersebut diatas, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa

Published
2015-12-28
Section
Articles