MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI DAN MERESPON MAKNA DALAM TEKS MONOLOG SANGAT SEDERHANA DENGAN PENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 1 AROSBAYA KABUPATEN BANGKALAN SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN

  • Sunarjo Sunarjo Pengawas Sekolah Kabupaten Bangkalan
Keywords: Prestasi Belajar, Media Pembelajaran

Abstract

Dalam proses belajar mengajar untuk dapat membawa siswa dalam situasi yang konkrit, dapat digunakan suatu alat bantu pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Dalam hal ini media pembelajaran bisa berupa buku-buku pustaka, benda tiruan, benda-benda peninggalan, peta, gambar, foto, OHP, alat dan sarana apa saja yang dapat membantu guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Prinsipnya media pembelajaran akan sangat berguna bagi siswa, sebab ia akan memiliki pengalaman langsung, memiliki tanggapan yang kuat dan dengan demikian sesuatu yang mereka pelajari akan mudah diterima dan mudah dipahami. Situasi yang demikian tentu potensial untuk meningkatkan prestasi belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa guru telah menggunakan media pembelajaran secara memadai dalam kegiatan belajar mengajar. Dan terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran yang lengkap terdapat peningkatan yang signifikan baik pada saat proses ataupun pada saat evaluasi. Ini bisa terlihat dari nilai rata rata yang diperoleh pada siklus I dan siklus II terdapat peningkatan. Siklus I 75,6 sedangkan pada siklus II 81,4 Ini berarti ada peningkatan yang singnifikan tentang perolehan hasil belajar siswa.

Published
2015-12-28
Section
Articles