Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Metode Benteng Pertahanan Pada Kelas IX-A SMP Negeri 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan Semster Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Retno Pergiwati SMP Negeri 1 Arosbaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap penerapan metode pembelajaran Benteng Pertahanan yang diterapkan pada mapel IPA materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di SMPN 1 Arosbaya kelas IX-A. Hasil yang ditunjukkan adalah pada siklus pertama siswa yang bercanda terdapat 14 siswa atau 40%, siswa yang memperhatikan 18 siswa atau 50%, siswa yang aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 18 siswa atau 50%, siswa yang tidak aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 14 siswa atau 40%, siswa yang aktif dalam kegiatan kelompok benteng pertahanan 14 siswa atau 40%, siswa yang telah tuntas 13 siswa atau 35% dan siswa yang belum tuntas 23 siswa atau 65%. Pada siklus kedua siswa yang bercanda terdapat 7 siswa atau 20%, siswa yang memperhatikan 29 siswa atau 80%, siswa yang aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 29 siswa atau 80%, siswa yang tidak aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 7 siswa atau 20%, siswa yang aktif dalam kegiatan kelompok benteng pertahanan 29 siswa atau 80%, siswa yang telah tuntas 29 siswa atau 80% dan siswa yang belum tuntas 7 siswa atau 20%.

Published
Dec 28, 2015
How to Cite
PERGIWATI, Retno. Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Metode Benteng Pertahanan Pada Kelas IX-A SMP Negeri 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan Semster Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 197-209, dec. 2015. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/308>. Date accessed: 12 dec. 2018.
Section
Articles