Peningkatan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Dengan Menggunakan Metode Benteng Pertahanan Pada Kelas IX-A SMP Negeri 1 Arosbaya Kabupaten Bangkalan Semster Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Retno Pergiwati SMP Negeri 1 Arosbaya
Keywords: Motivasi belajar, mmetode benteng pertahanan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap penerapan metode pembelajaran Benteng Pertahanan yang diterapkan pada mapel IPA materi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup di SMPN 1 Arosbaya kelas IX-A. Hasil yang ditunjukkan adalah pada siklus pertama siswa yang bercanda terdapat 14 siswa atau 40%, siswa yang memperhatikan 18 siswa atau 50%, siswa yang aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 18 siswa atau 50%, siswa yang tidak aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 14 siswa atau 40%, siswa yang aktif dalam kegiatan kelompok benteng pertahanan 14 siswa atau 40%, siswa yang telah tuntas 13 siswa atau 35% dan siswa yang belum tuntas 23 siswa atau 65%. Pada siklus kedua siswa yang bercanda terdapat 7 siswa atau 20%, siswa yang memperhatikan 29 siswa atau 80%, siswa yang aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 29 siswa atau 80%, siswa yang tidak aktif berpendapat dalam benteng pertahanan 7 siswa atau 20%, siswa yang aktif dalam kegiatan kelompok benteng pertahanan 29 siswa atau 80%, siswa yang telah tuntas 29 siswa atau 80% dan siswa yang belum tuntas 7 siswa atau 20%.

Published
2015-12-28
Section
Articles