QUESTION – ANSWER RELATIONSHIP (QAR) STRATEGY USED IN TEACHING READING COMPREHENSION II FOR UNIVERSITY STUDENTS

  • SITI MARIA ULFA STKIP PGRI BANGKALAN
Keywords: pemahaman membaca, strategi hubungan tanya jawab

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengatasi kesulitas mahasiswa dalam mata kuliah Reading Comprehension dan mendorong mahasiswa untuk berpastisipasi secara aktif dalam proses belajar mengajar melalui penerapan strategi Question- Answer Relationship (QAR). Strategi ini mempunyai empat jenis pertanyaan yaitu “Right There”, “Think and Search”, Author and Me” dan “On My Own” yang dapat membantu mahasiswa menjawab setiap level pertanyaan. Penelitian ini merupakan penelitian deksriptif dimana peneliti bertindak sebagai pengamat dan dilakukan terhadap 37 mahasiswa yang mengampu mata kuliah Reading Comprehension II. Keempat jenis pertanyaan tersebut sangat membantu siswa dalam menjawab pertanyaan dari level termudah dan kemudian terhadap keseluruhan isi teks. Lebih daripada itu, mereka dibantu oleh jenis pertanyaan yang saling berurutan dalam memahami kesuluruhan isi text.

Published
2015-12-28
Section
Articles