Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Metode Permainan Simulasi, Role Playing Serta Motivasi Terhadap Konsep Diri Siswa SMP

  • Untung Subagyo Pengawas Sekolah Kabupaten Bangkalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap ada tidaknya pengaruh pelaksanaan bimbingan kelompok dengan metode permainan simulasi dan role playing, serta motivasi terhadap perkembangan konsep diri siswa. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif. Data yang diungkap aspek psikologis yaitu motivasi dan konsep diri, dengan menggunakan instrumen quisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya interaksi antara layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan simulasi, role playing, serta motivasi terhadap konsep diri siswa.

Published
Dec 28, 2015
How to Cite
SUBAGYO, Untung. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Metode Permainan Simulasi, Role Playing Serta Motivasi Terhadap Konsep Diri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 163-178, dec. 2015. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/304>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles