MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PKn DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN BINI-DAMBEL

  • Jumino Jumino Pengawas SMP Dinas Pendidikan Bangkalan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang peningkatan kemampuan guru PKN dalam menyusun RPP dan menerapkannya dalam pembelajaran kooperatif Jigsaw setelah dilaksanakan supervisi akademik melalui pendekatan BINI-DAMBEL. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 orang guru PKN SMP, yakni SMPN 3 Bangkalan, SMPN 1 Socah, SMPN 2 Socah dan SMPN 1 Kamal. Penelitian ini dilaksanakan 3 (tiga) siklus yakni; siklus pertama tingkat keberhasilan dalam penyusunan RPP mencapai 50%, siklus kedua mencapai 80% siklus ketiga mencapai 100%. Dalam melaksanakan proses pembelajaran, tingkat keberhasilan siklus pertama 40%, siklus kedua 80%, dan siklus ketiga 100 %. Dengan demikian, supervisi akademik dengan pendekatan BINI-DAMBEL dapat meningkatkan kemampuan guru PKN dalam menyusun RPP dan menerapkan dalam pembelajaran kooperatif jigsaw.

Published
Dec 28, 2015
How to Cite
JUMINO, Jumino. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU PKn DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DENGAN PENDEKATAN BINI-DAMBEL. Jurnal Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 138-149, dec. 2015. ISSN 2460-9994. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/302>. Date accessed: 15 oct. 2018.
Section
Articles