Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan

  • Sunardjo Sunardjo STKIP PGRI BANGKALAN
Keywords: Hasil belajar, Motivasi berprestasi, pembelajaran konvensional, Strategi pembelajaran kontekstual

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi pem-belajaran kontekstual dan kelompok mahasiswa yang diajar dengan strategi pem-belajaran konvensional (2) perbedaan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi dengan kelompok mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi rendah (3) interaksi antara penerapan strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran konvensional dengan tingkat motivasi berprestasi terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan pada mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random. Jumlah sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 74. Data dikumpulkan diolah secara statistik inferensial dengan menggunakan teknik analisis varian (anava) dua jalur 2 x 2.

Didasarkan pada statistik deskriptif, hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada pengaruh penerapan strategi pembelajaran kontekstual (rerata 53,06) terhadap hasil belajar mahasiswa dibandingkan dengan penerapan strategi pembelajaran konvensional (rerata 48,76). Temuan penelitian ini mengindikasikan bahwa stra-tegi pembelajaran kontekstual dan tingkat motivasi berprestasi berpengaruh ter-hadap perolehan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan mahasiswa STKIP PGRI Bangkalan.

Published
2015-12-28
Section
Articles