Author Guideline

Author Guideline

Penulis harus mengirimkan naskah secara online ke situs web SELL Journal dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penulis.

Naskah yang masuk ke dalam SELL Journal harus disusun dalam penulisan Bahasa Inggris yang baik. Para penulis yang naskahnya diterima di SELL Journal akan mendapatkan konfirmasi via email dari Tim Editor.

Beberapa ketentuan dalam penulisan naskah: 

1. Naskah harus ditulis dalam Bahasa Inggris. Naskah diketik dalam Microsoft Word dengan ukuran kertas A4 dengan ukuran panjang (height) 29,7 cm, lebar (width) 21 cm dengan dimensi Top 2 cm, Bottom 2 cm, Inside 1 cm, Outside 1 cm, Gutter 0,5 cm, Header 1 cm dan Footer 1 cm. Panjang naskah 6 - 15 halaman termasuk tabel dan gambar.

2. Judul naskah ditulis dalam font Times New Roman 14 point bold. Judul utama ditulis menggunakan huruf kecil dengan huruf besar di setiap awal kata.

3. Identitas penulis dibuat dengan nama, instansi, dan alamat e-mail penulis pertama untuk korespondensi (corresponding author). Identitas penulis ditulis dengan huruf Times New Roman 10 point.   

4. Abstrak merupakan ringkasan elemen-elemen terpenting dari naskah, ditulis dalam satu paragraf maksimal 250 kata. Abstrak dibuat dalam bahasa Inggris ditulis dengan huruf Times New Roman 10 point.

5. Kata Kunci/Keyword terdiri dari tiga sampai lima kata yang terdiri atas satu kata atau gabungan kata yang menunjukkan subjek-subjek utama di dalam naskah. Dibuat dalam bahasa Inggris, ditulis mengikuti abstrak.  

6. Isi tulisan dimulai dari PENDAHULUAN, TEORI, METODE, HASIL DAN PEMBAHASAN, KESIMPULAN, dan DAFTAR PUSTAKA. Tidak diperkenankan membuat judul subbab baru pada bab pendahuluan dan kesimpulan. 

7. Tabel dibuat ringkas dan diberi judul yang singkat tetapi jelas hanya menyajikan data yang esensial dan mudah dipahami. Tabel diberi catatan secukupnya, termasuk sumbernya, sehingga tabel mampu menjelaskan informasi yang disajikan secara mandiri. Setiap tabel diberi nomor secara berurutan dan diulas di dalam naskah. Tabel tidak boleh dalam bentuk “picture”, harus dalam bentuk tabel.  

8. Gambar, Grafik dan Foto harus tajam dan jelas agar cetakan berkualitas. Semua simbol di dalam gambar harus dijelaskan. Seperti halnya tabel, keterangan pada gambar, grafik atau foto harus mencukupi agar tersaji secara mandiri. Gambar, grafik dan foto harus diulas di dalam naskah. 

9. Referensi hendaknya dari sumber yang jelas dan setiap referensi yang tercantum dalam daftar pustaka harus dikutip (disitir) pada naskah dan sebaliknya setiap kutipan harus tercantum dalam daftar pustaka. Referensi primer lebih dari 80% dan diterbitkan dalam 5 tahun terakhir. Referensi yang dicantumkan dalam naskah mengikuti pola baku dengan disusun menurut abjad berdasarkan nama (keluarga) penulis pertama dan tahun publikasi, dengan sistim sitasi American Physiological Association 6th Edition. Dianjurkan untuk menggunakan perangkat lunak manajemen referensi seperti Mendeley dan Grammarly. Plagiarism Checker digunakan untuk mengecek similarity tulisan untuk menghindari plagiarism