IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I

  • Fajar Hidayatullah Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

Metode pembelajaran merupakan strategi yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran yang direncanakan oleh pendidik akan disesuaikan dengan siapa yang dihadapi pendidik, lingkungan belajar dan materi yang akan dibahas. Dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan olahraga semester 1 yang menempuh mata kuliah anatomi 1 dengan beban 2 sks. Jumlah pertemuan yang direncanakan minimal 12 pertemuan dan maksimal 14 pertemuan menyesuaikan dengan situasi yang akan dilalui selama proses pembelajaran dalam satu semester. Sebanyak 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian dengan teknik population sampling sehingga seluruh mahasiswa semester satu yang berjumlah satu kelas terdiri dari 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah diyakini dapat memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan dengan tepat dan meminimalisir kesalahan materi yang harus dihafalkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran ceramah memberi pengaruh positif pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Hal ini nampak dari perbedaan nilai pada posttest yang lebih tinggi daripada nilai pretest. Melihat peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari pretest ke posttest dengan nilai pretest sebesar 42.9545 dan posttest sebesar 78.0303 maka jika di persentasekan terjadi kenaikan nilai hampir dua kali lipat atau sebesar 81,58%.

Kata kunci: Implementasi, metode pembelajaran, ceramah, mata kuliah, anatomi.

 

 Abstract

Learning methods are strategies that use by educators to achieve learning goals. Learning strategies conducted by educators will be adjusted related to the educator, learning environment and the material to be discussed. In this study, first semester sports education students who are entering anatomical subjects with a load of 2 credits. The intended number of meetings is a minimum of 12 meetings and a maximum of 14 meetings that will be passed during the course of learning anatomy subject for one semester. Total of 33 students became research samples with population sampling techniques. First semester students consist of 33 students as research samples. Implementation of this methods believed that can be maximizing the transferred knowledge from the right material and minimize errors that must be remembered. The results of the study it was found that using the lecture learning method had a positive influence on the level of students knowledge. This can be seen from the higher posttest difference from the pretest. Judging by the average average value from pretest to posttest with a pretest score of 42.9545 and posttest of 78.0303 and if this increasing value turn to percentage will be found 81.58% increasing of value.

 Keywords: Implementation, Learning method, Lecture, Courses, Anatomy

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-01
How to Cite
Hidayatullah, F. (2019, May 1). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I. SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 2(1), 19-25. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/satria.v2i1.696