PERBANDINGAN EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TGT Dan JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DAN BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI SMAN I PUJUT LOMBOK TENGAH

  • Baiq Yudi Ratnasari

Abstract

Abstrak

Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk membandingkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD TGT dan JIGSAW terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing atas dan bawah bolavoli. Metode yang digunakan adalah jenis action reseach dengan pendekatan desain pre-tes post-tes. Instrumen yang digunakan adalah pendekatan penilaian portofolio pada keterampilan passing atas dan bawah bolavoli. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,3% dan untuk passing bawah sebesar 43,8%; penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 35,9%, sedangkan pada nilai passing bawah sebesar 43,7%; penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,1%, sedangkan pada nilai keterampilan passing bawah sebesar 44,4%. Dapat disimpulkan bahwa pada materi keterampilan passing atas dan bawah model pembelajaran kooperatif tipe STAD TGT dan JIGSAW menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, TGT, JIGSAW, Hasil Belajar.

  

The purpose of this study is to analyse the effects of STAD, TGT, and JIGSAW on volleyball overhead and Underhand pass skill learning output.

ABSTRACT

The Method used in this action research design with pret-tes post-tesa approachment. This study using portofolio assessment approach on volleybal overhand and Underhand pass skill as instrument. The results of data analysis. The implementation of STAD cooperative learning model have shown an increased learning output on volleyball overhead pass skill (46.3%) and Undehand pass skill (43,8%). The implementation of TGT cooperative learning model have shown an increased learning output on volleyball overhead pass skill (35,9%) and undehand pass skill (43,7%). And the implementation of JIGSAW cooperative learning model have shown an increased lelarning output on volleyball overhead pass skill (46,1%), and undehand pass skill (44,4%). It can be concluded that in the material of upper and lower passing skill the cooperative learning model STAD,TGT and JIGSAW types showed improved learning outcomes.

 Keywords : Cooperative Learning Model STAD, TGT and JIGSAW Learning Outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-01
How to Cite
Ratnasari, B. (2019, May 1). PERBANDINGAN EVEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TGT Dan JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DAN BAWAH BOLAVOLI PADA SISWA KELAS XI SMAN I PUJUT LOMBOK TENGAH. SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, 2(1), 10-14. https://doi.org/https://doi.org/10.31597/satria.v2i1.695