PENGEMBANGAN APLIKASI PENJAS-PEDIA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK KELAS VII DI SMPN 1 BANGKALAN

  • Hendy Marvin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti yang ingin mengembangkan suatu produk aplikasi pada smartphone berbasis android yang dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah. Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi penjas-pedia sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk kelas VII di SMPN 1 Bangkalan dan untuk mengetahui kelayakan produk aplikasi penjas-pedia dari aspek usability dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada model Research and Development (R&D) model Borg & Gall dengan 7 langkah pelaksanaan kegiatan dan pengembangan produk yaitu analisis kebutuhan, pengembangan aplikasi, evaluasi para ahli, revisi aplikasi, uji coba kelompok besar, revisi akhir aplikasi, produk akhir aplikasi. Hasil akhir penelitian ini menghasilkan produk aplikasi penjas-pedia sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk kelas VII di SMPN 1 Bangkalan, Kelayakan produk aplikasi penjas-pedia telah teruji dari aspek usability dalam kategori “Baik” pada uji coba kelompok kecil dengan hasil skor = 0,7625 dan kategori “Sangat Baik” pada uji coba kelompok besar dengan hasil skor = 0,809782609. Dengan demikian produk aplikasi penjas-pedia ini dapat seterusnya digunakan sebagai media pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Bangkalan. Berdasarkan kelayakan hasil skor aplikasi penjas-pedia dengan predikat “Sangat Baik” ini peneliti menyimpulkan bahwa pemanfaatan penggunaan media smartphone dalam menunjang kegiatan proses pembelajaran pendidikan jasmani di SMPN 1 Bangkalan sangat efektif dan efisien dan saran lebih lanjut kepada peneliti berikutnya yaitu diharapkan untuk dapat mengembangkan produk aplikasi media pembelajaran yang menjangkau lebih luas lagi dengan tidak terbatas hanya pada satu sekolah, pengembangkan produk aplikasi berikutnya dapat menjangkau lebih banyak sekolah.


 

Published
Nov 1, 2018
How to Cite
MARVIN, Hendy. PENGEMBANGAN APLIKASI PENJAS-PEDIA PADA SMARTPHONE BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI UNTUK KELAS VII DI SMPN 1 BANGKALAN. SATRIA : Journal of Sports Athleticism in Teaching and Recreation on Interdisciplinary Analysis, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 28-33, nov. 2018. ISSN 2621-1890. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/SATRIA/article/view/592>. Date accessed: 15 nov. 2018.