PERBANDINGAN EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TGT Dan JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING ATAS DAN BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMAN I PUJUT LOMBOK TENGAH

  • Baiq Yudi Ratnasari
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif, STAD, TGT, JIGSAW, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan untuk penelitian ini adalah untuk membandingkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD TGT dan JIGSAW terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan passing atas dan bawah bola voli.
Metode yang digunakan adalah jenis action reseach dengan pendekatan desain pre-tes post-tes. Instrumen
yang digunakan adalah pendekatan penilaian portofolio pada keterampilan passing atas dan bawah bola voli.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran kooperatif STAD menunjukkan
peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,3% dan untuk passing bawah sebesar 43,8%;
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing
atas sebesar 35,9%, sedangkan pada nilai passing bawah sebesar 43,7%; penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe JIGSAW menunjukkan peningkatan nilai keterampilan passing atas sebesar 46,1%, sedangkan
pada nilai keterampilan passing bawah sebesar 44,4%. Dapat disimpulkan bahwa pada materi keterampilan
passing atas serta passing bawah model pembelajaran kooperatif tipe STAD TGT dan JIGSAW
menunjukkan peningkatan hasil belajar yang lebih baik.

 

The Method used in this action research design with pret-tes post-tesa approachment. This study using
portofolio assessment approach on volleybal overhand and Underhand pass skill as instrument. The results
of data analysis. The implementation of STAD cooperative learning model have shown an increased learning
output on volleyball overhead pass skill (46.3%) and Undehand pass skill (43,8%). The implementation of
TGT cooperative learning model have shown an increased learning output on volleyball overhead pass skill
(35,9%) and undehand pass skill (43,7%). And the implementation of JIGSAW cooperative learning model
have shown an increased lelarning output on volleyball overhead pass skill (46,1%), and undehand pass skill
(44,4%). It can be concluded that in the material of upper and lower passing skill the cooperative learning
model STAD,TGT and JIGSAW types showed improved learning outcomes.

Published
2019-05-01