ANALISIS KEBUTUHAN GURU TERHADAP PENILAIAN PJOK DI SEKOLAH DASAR

  • Brahmana Rangga Prastyana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Kebutuhan, Media, Penilaian, PJOK

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada semakin berkembangnya teknologi pada zaman sekarang, termasuk perkembangan teknologi dalam lingkup pendidikan. Dalam rangka ikut andil pada era Industri 4.0, penting sekiranya memaksimalkan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar, khususnya dalam kegiatan penilaian. Pemanfaatan media dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas penilaian yang dilaksanakan guru PJOK di SD. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui kebutuhan guru terhadap media penilaian pembelajaran PJOK di Sekolah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriftif dengan subjek penlitian yaitu guru Sekolah Dasar yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya. Instrumen penelitian yang digunakan untuk memperoleh data yaitu menggunakan angket dengan memanfaatkan google form yang disebarkan melalui whatsApp. Data dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan SPSS. Hasil penelitian memperoleh gambaran bahwa tingkat kebutuhan guru PJOK yang tergabung dalam KKG PJOK  se-Kecamatan Gunung Anyar Kota Surabaya dalam kategori tinggi. Hal itu diperoleh dari perhitungan distribusi frekuensi sebesar 40% masuk dalam kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dibutuhkan adanya media sebagai penunjang kegiatan penilaian guru PJOK di Sekolah.

 

This research is based on the development of technology in this era, including the development of technology in the sphere of education. To participate in  the Industrial era 4.0, it is important to maximize Physical Education, Sports and Health (PJOK) in Elementary Schools, especially in assessment. The use of media is carried out in order to improve the quality of assessments conducted by PJOK teachers in elementary schools. The purpose of this study is to find out the teacher's needs for media especially learning assessment PJOK in Schools. The study uses a descriptive quantitative approach. The subjects in this research are elementary school teachers who are members of the Teacher Working Group (KKG) in Gunung Anyar District, Surabaya City. The instrument in this research  is a questionnaire by utilizing the google form and distributed via WhatsApp. Data were analyzed with descriptive statistics using SPSS. The results ilustrate that the level of need for PJOK teachers who are members of the PJOK KKG in Gunung Anyar District, Surabaya City is in the high category. This was obtained from the calculation of the frequency distribution of 40% included in the high category. Based on these results it can be concluded that there is a need for media to support the assessment activities of PJOK teachers in Schools.

Published
2019-11-07