KONTRIBUSI KESEIMBANGAN, KELENTUKAN PINGGUL DAN KOORDINASI MATA-KAKI TERHADAP KETERAMPILAN SEPAK MULA ATAS SEPAK TAKRAW (Survei Pada Atlet Klub Olahraga Pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan)

  • Mudianur MI Pakuan Pematang Kabupaten Hulu Sungai Selatan
Keywords: keseimbangan, kelentukan pinggul, koordinasi mata kaki, sepak takraw

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Apakah ada kontribusi keseimbangan terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 2) Apakah ada kontribusi kelentukan pinggul terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 3) Apakah ada kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?. 4) Apakah ada kontribusi keseimbangan, kelentukan pinggul dan koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan?.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost fakto dengan teknik tes dan pengukuran.

Populasi pada penelitian ini adalah klub olahraga pelajar sepaktakraw Kabupaten Hulu Sungai Selatan berjumlah 40 orang atlet yang terdiri dari 28 atlet putra dan 12 atlet putri, sedangkan sampel sampel pada penelitian ini berjumlah 20 orang atlet dengan menggunakan teknik sampling total (simple random sampling).

Kesimpulan penelitian: 1) Ada kontribusi keseimbangan terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 2) Ada kontribusi kelentukan pinggul terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 3) Ada kontribusi koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan. 4) Ada kontribusi keseimbangan, kelentukan pinggul dan koordinasi mata-kaki terhadap sepak mula atlet sepak takraw pelajar Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Published
2019-11-07