MENGEMBANGKAN SPORT PARENTING DAN PENGARUHNYA TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI ATLET REMAJA

  • Eka Kurnia Darisman Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Keywords: Sport Parenting

Abstract

Sport Parenting memunculkan sebuah harapan bahwa atlet usia muda bisa berkembang secara maksimal.  Kanada telah menyusun dan mengembangkan Sport Parenting untuk memaksimalkan perkembangan atlet muda mereka. Mereka mempunyai program yaitu Canadian Sport for Life atau yang biasa dikenal dengan CS4L ini merupakan guiding bagi orang tua agar anak-anak mereka berkembang menjadi atlet seperti yang diharapkan.

Atlet usia muda apabila memiliki motivasi berprrestasi yang tinggi, maka mereka akan dengan mudah mengikuti berbagai macam program latihan yang disusun oleh pelatih. Hasil akhirnya tentu saja berimbas pada prestasi / juara.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sport parenting mempunyai pengaruh terhadap motivasi berprestasi pada siswa sekolah bolabasket usia 13 tahun. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimental. Populasinya adalah beberapa siswa sekolah bola basket yang ada di Surabaya dengan kelompok usia 13 tahun. Menggunakan teknik random sampling  dengan 15 orang sebagai sampelnya. Tes pengukuran masing-masing variabel adalah dengan menggunakan kuesioner tertutup yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi berprestasi dan sport parenting berada dalam grafis yang linear. Adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan sebesar 0,714. 0,714 > 0,433 Ha diterima, hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara sport parenting terhadap motivasi berprestasi. Sementara nilai b menunjukkan antara sport parenting terhadap motivasi berprestasi akan dapat membantu meningkatkan sebanyak 0,622. Dan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 50,98 % siswa sekolah bolabasket di Surabaya motivasi berprestasinya dipengaruhi oleh sport parenting. 

 

Kata Kunci : sport parenting, motivasi berprestasi, sekolah bolabasket

Published
2020-05-01