IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA MATA KULIAH ANATOMI I

  • Fajar Hidayatullah
Keywords: Implementasi, metode pembelajaran, ceramah, mata kuliah, anatomi, Implementation, Learning method, Lecture, Courses, Anatomy

Abstract

Metode pembelajaran merupakan strategi yang digunakan pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi pembelajaran yang direncanakan oleh pendidik akan disesuaikan dengan siapa yang dihadapi
pendidik, lingkungan belajar dan materi yang akan dibahas. Dalam penelitian ini mahasiswa pendidikan
olahraga semester 1 yang menempuh mata kuliah anatomi 1 dengan beban 2 sks. Jumlah pertemuan yang
direncanakan minimal 12 pertemuan dan maksimal 14 pertemuan menyesuaikan dengan situasi yang akan
dilalui selama proses pembelajaran dalam satu semester. Sebanyak 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian
dengan teknik population sampling sehingga seluruh mahasiswa semester satu yang berjumlah satu kelas
terdiri dari 33 mahasiswa menjadi sampel penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode ceramah
diyakini dapat memaksimalkan transfer ilmu pengetahuan dengan tepat dan meminimalisir kesalahan materi
yang harus dihafalkan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa metode pembelajaran ceramah memberi
pengaruh positif pada tingkat pengetahuan mahasiswa. Hal ini nampak dari perbedaan nilai pada posttest
yang lebih tinggi daripada nilai pretest. Melihat peningkatan rata-rata nilai mahasiswa dari pretest ke posttest
dengan nilai pretest sebesar 42.9545 dan posttest sebesar 78.0303 maka jika di persentasekan terjadi kenaikan
nilai hampir dua kali lipat atau sebesar 81,58%.

 

Learning methods are strategies that use by educators to achieve learning goals. Learning strategies
conducted by educators will be adjusted related to the educator, learning environment and the material to be
discussed. In this study, first semester sports education students who are entering anatomical subjects with a
load of 2 credits. The intended number of meetings is a minimum of 12 meetings and a maximum of 14
meetings that will be passed during the course of learning anatomy subject for one semester. Total of 33
students became research samples with population sampling techniques. First semester students consist of 33
students as research samples. Implementation of this methods believed that can be maximizing the
transferred knowledge from the right material and minimize errors that must be remembered. The results of
the study it was found that using the lecture learning method had a positive influence on the level of students
knowledge. This can be seen from the higher posttest difference from the pretest. Judging by the average
average value from pretest to posttest with a pretest score of 42.9545 and posttest of 78.0303 and if this
increasing value turn to percentage will be found 81.58% increasing of value.

Published
2019-05-01