PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR PESERTA SOSIALISASI PERBASI KABUPATEN BANGKALAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PERMAINAN KECIL BOLA BASKET

  • Fajar Hidayatullah STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Permainan Kecil, Pembentukan Karakter, Bola Basket, Sekolah Dasar, Small Game, Character Building, Basketball, Elementary School

Abstract

Kegiatan olahraga dan pendidikan jasmani merupakan upaya dalam membentuk karakter manusia. Melalui kegiatan tersebut dapat dibentuk cara berpikir serta berperilaku yang memiliki ciri khas tersendiri pada setiap siswa terutama segi yang positif terkait dengan lingkungan sosialnya. Pemahaman pembentukan karakter yang dibahas meliputi sepuluh aspek yaitu tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan, dan berorientasi teknologi. Permainan kecil yang dilakukan meliputi Line Tiggy, Dribble Knockout, Team Dribble Relays, 4 Pass to Score, Bull in the ring. Kuesioner dengan skala guttman digunakan untuk mengukur pemahaman siswa terkait kesesuaian permainan kecil yang diberikan dengan kesepuluh karakter tersebut. Uji validitas instrumen menggunakan koefisien reprodusibilitas ditemukan besaran 0,904 dan koefisien skalabilitas ditemukan besaran 0,808 sehingga instrumen yang digunakan dinyatakan valid. Uji reliabilitas menggunakan kuder-richardson20 ditemukan nilai 0,6172 artinya instrumen sangat reliabel. Hasil analisis diketahui lebih dari 90% siswa setuju bahwa permainan kecil yang dilakukan membentuk karakter tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis. Sedangkan untuk karakter berorientasi ilmu pengetahuan hanya 72% siswa setuju dapat dilatih dengan permainan kecil bola basket yang dilakukan. Sedangkan pada karakter berorientasi teknologi ditemukan bahwa hanya 60% siswa yang setuju bahwa permainan kecil yang dilakukan mempengaruhi karakter tersebut.

 

Sports activity and physical education is an effort to form human character. Trough these activities can be formed ways of thinking and behaving wich has its own characteristics in every students especially the positive side related to its social environment. Understanding of character formation that being discussed covering ten aspects as though, competitive, noble morals, high moral standards, tolerant, mutual assistance, patriot spirited, developing dynamically, science oriented, and technology oriented. Small games that used in this research covering line tiggy, dribble knockout, team dribble relays, 4 pass to score, bull in the ring. Guttman scale questionnaire used to measure student understanding related to suitability of small game with these tenth characteristics. Instrument validity test using coefficient of reproducibility found a value 0,904 and coefficient of scalability that found a value 0,808 so the instrument that used is declared valid. Reliability test using kuder-richardson20 found a value 0,6172 wich means the instrument is very reliable. Analysis results found that more than 90% of students agreed that small game that used is develop tough character, competitive, noble morals, high moral standards, tolerant, mutual assistance, patriot spirited, developing dynamically. While only 72% students agreed that basketball small games develop science oriented character and only 60% student agreed it develop technology oriented character.

Published
2019-11-07