MENGUAK POSTKOLONIALISME DALAM NOVEL BUMI TUHAN KARYA WALOEJO SEDJATI

  • Junal Junal
  • Willy Arie Shandy

Abstract

Adanya novel sejarah postkolonialisme, diharapkan dapat menjadi referensi serta acuan tambahan sebagai media penyampaian Ilmu Pengetahuan sejatah kepada masyarakat banyak. Salah satu novel yang bias di kategorikan kedalam novel Sejarah yang lebih memusatkan perhatian pada isu Postkolonialisme adalah Bumi Tuhan (selanjutnya disingkat dengan BT) karya Waloejo Sedjati. Secara umum novel ini membahas tentang salah satu sisi kemanusiaan di masa pergolakan dan perubahan politik di Indonesia pada tahun 1965 dan tahun-tahun setelahnya. Kisah tragis anak bangsa yang tersia-sia dan terbuang di
negeri orang.
Sebagai bentuk penelitian pustaka, penulis menggunakan metode deskriptif dan pendekatan analisis isi. Dalam penelitian ini, data-data yang berhubungan dengan masalah penelitian dideskripsikan dalam bentuk kalimat serta paragraph, sehingga dengan adanya data tersebut dapat menunjang terselesaikannya permasalahan penelitian. Selanjutnya, data yang telah dideskripsikan tersebut di analisis.
Setelah melalui proses analisis data, tampak adanya beberapa permasalahan yang ditemukan dalam novel Bumi Tuhan karya Waloejo Sedjati yaitu: (1) bentuk-bentuk Postkolonialisme dalam novel Bumi Tuhan seperti Kekerasan, kekuasaan penjajah; (2) pengaruh postkolonialisme dalam novel Bumi Tuhan yang meliputi pengaruh dari segi Fisik dan psikis.

Published
2020-02-19