Representasi Internal Mahasiswa Pada Topik Konveksi Air

  • John Rafafy Batlolona Universitas Pattimura
  • Shikha Baskar Project Scientist Forest Research Institute Dehradun
  • Marleny Leasa Universtas Pattimura

Abstract

Telah banyak penelitian makroskopik dan mikroskopik dalam pembelajaran fisika. Salah satu materi yang jarang di eksplor untuk melihat representasi internal mahasiswa adalah konveksi pada air dalam konteks makroskopik dan mikroskopik. Tulisan ini memberikan sesuatu yang baru yang jarang diceritakan pada penelitian sebelumnya. Mahasiswa akan dipetakan dalam tipe representasi internal yaitu tipe naif (N), surface (S), matching (M) dan deep (D). Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan representasi internal mahasiswa dengan model PBL. Hasil penelitian membuktikan bahwa PBL dapat meningkatkan representasi internal mahasiswa. Dengan demikian, maka PBL dapat direkomendasikan untuk meningkatkan representasi internal mahasiswa dan mengurangi miskonsepsi. Implikasi dari penelitian ini adalah masyarakat cenderika dapat mengadopsi pembelajaran yang ada untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fisika.

Published
Jul 31, 2018
How to Cite
BATLOLONA, John Rafafy; BASKAR, Shikha; LEASA, Marleny. Representasi Internal Mahasiswa Pada Topik Konveksi Air. KEGURU "Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar", [S.l.], v. 2, n. 2, p. 211-221, july 2018. ISSN 2579-9916. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/KGU/article/view/532>. Date accessed: 12 dec. 2018.
Section
Articles