PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD NEGERI POLAGAN 4 SAMPANG

  • KUSYAIRI kus Universitas Madura
Keywords: Kata Kunci : Membaca Pemahaman, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan membaca pemahaman merupakan bekal dan kunci keberhasilan siswa dalam menjalani proses pendidikan. Oleh karena itu, kemampuan membaca dan kemampuan memahami bacaan menjadi bagian penting dalam penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan siswa. Kemampuan siswa SDN Polagan 4 Sampang dalam membaca pemahaman soal cerita kurang begitu baik sehingga hal itu akan mempengaruhi prestasi belajar mereka pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca pemahaman.

Berdasarkan latar belakang diatas, peneliti bermaksud ingin mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Polagan 4 Sampang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah metode statistik dengan korelasi Product Moment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Polagan 4 Sampang yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan tes subjektif dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa r hitung = 0,86 lebih besar daripada r tabel product moment pada taraf signifikansi 5% = 0,602 dan 1% = 0,735 sehingga ada pengaruh kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD Negeri Polagan 4 Sampang.

Published
2020-02-26
Section
Articles