PENERAPAN TEKNIK KONTRASTIF PADA KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA LEGENA UNTUK SISWA SD KELAS RENDAH

  • endang sri maruti universitas PGRI Madiun
Keywords: teknik kontrastif, keterampilan menulis aksara Jawa legena

Abstract

Berdasarkan pengamatan di kelas, pembelajaran bahasa Jawa khususnya huruf Jawa kurang diminati siswa. Hal ini diketahui dalam pelaksanaan tes tulis saat ujian menyalin huruf latin menjadi huruf Jawa dan sebaliknya. Para siswa yang tidak memenuhi kriteria belajar tuntas masih bisa dikatakan banyak. Ketidakmampuan dalam memenuhi kriteria ketuntasan belajar mungkin disebabkan kurang adanya latihan dari para siswa, baik di rumah maupun di sekolah. Untuk itulah, penelitian ini berupaya untuk menawarkan solusi pada permasalahan dalam hal keterampilan siswa dalam menulis huruf Jawa, khususnya aksara legena dengan penerapan teknik kontranstif pada siswa kelas rendah. Penelitian ini berjenis kualitatif deskripdtif. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan melalui tes tertulis dengan instrumen berupa lembar observasi dan soal tes tertulis menulis aksara Jawa. Data dianalisis dengan uji statistik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik kontrastif dapat meningkatkan ingatan siswa kelas rendah mengenai bentuk aksara Jawa legena, setelah itu siswa dapat menghafal dan menulis aksara Jawa legena dalam bentuk kata dengan lancar dan tanpa terbalik.

Published
2020-02-26
Section
Articles