Author Guidelines

Tata cara Penulisan Artikel

  • Author diharapkan mengikuti Templete yang telah disediakan dalam web OJS, dengan format OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document.
  • Abstrak ditulis italics/huruf miring dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris maximum 250 kata. Abstrak berisi tujuan penelitian, methodology, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan. 
  • Kata Kunci: Terdiri dari 3-5 kata penting yang mengandung makna yang dapat dijabarkan dan berasal dari judul atau konten dari artikel.
  • Konten Badan Artikel mempunyai komposisi  penulisan terdiri atas Pendahuluan 30%, Metode 30%, Hasil dan Pembahasan 35% serta Kesimpulan 5%.
  • Pendahuluan sebesar 30% terdiri dari badan artikel, terdiri dari latar belakang penelitian, rumusan masalah dan tujuan penelitian, begitu juga kajian pustaka, dan dasar teori yang relevan dan up-to-date yang tersebar di badan artikel.
  • Metode sebesar 30% berupa penjelasan kronikal/urutan penelitian, termasuk bagaimana untuk mempersiapkan material/alat dan bahan penelitian, desain penelitian and prosedur penelitiane (in the form of an algorithm, pseudocode,dll).
  • Hasil dan Pembahasan sebesar 35 % dari badan artikel, Mengandung hasil dan analisis yang telah dilakukan dengan menekankan jawaban permasalahan. hasil dapat memasukkan gambar, diagram, tabel, dll. ditempatkan di tengah halaman, dan diberikan penjelasan dibawahnya/halaman selanjutnya.
  • Kesimpulan 5% mengandung sebuah jawaban atau penjelasan atas masalah penelitian. Terlebih, dapat ditambahkan ke perkembangan dan penggunaan pada ilmu dan penelitian selanjutnya.
  • Referensi berisikan minimal 10 referensi dari artikel di jurnal, theses, buku, laporan penelitian dengan gaya penulisan APA, lebih disukai memakai sistem refernsi EndNote, Zotero dan Mendeley, namun tidak menutup kemungkinan sistem referensi lainnya (Times New roman font 11).

Contoh:

Joni, T.R (2006). Pembelajaran yang Mendidik: artikulasi Konseptual, terapan Konstektual dan Verifikasi Empirik. Diunduh 6 Oktober 2016 dari http://125.164.127.103/pascaum/files/JARDIK%20Dec%2015%2006%20Wwb.pdf

Simbolon, M. (2012). Perilaku bullying pada mahasiswa berasrama. Jurnal Psikologi, 39(2), 233-243.

 

Proses Peer Review

Seluruh artikel yang masuk akan di review dengan sistem Blind Review dimana penulis tidak mengetahui siapa yang menjadi reviwer-nya, setelah sebelumnya dideteksi dengan software anti plagiasi (Grammarly).

Kebijakan Pendeteksian Plagiatism

Plagiarism screening akan dilakukan oleh OJS Editorial Board menggunakan Grammarly Plagiarism Checker serta dilakukan kroscek Plagiarism  memakai plagiarismchecker.com

Biaya yang muncul

Setiap penulis yang menerbitkan artikelnya pada Jurnal ini akan dikenakan biaya sebagai berikut:

  1. Penulis yang berasal dari luar STKIP PGRI Bangkalan dikenakan biaya APC (Article Processing Cost) sebesar Rp. 250.000,-/artikel ketika artikel sudah diterima untuk diterbitkan.
  2. Biaya diatas sudah termasuk mendapatkan 1 (satu) buah Jurnal "Keguru" cetak termasuk ongkos kirim.
  3. Apabila ingin mendapatkan tambahan Jurnal Ilmiah Pertanian edisi cetak akan dikenakan biaya Rp. 50.000,-/Jurnal.

Pengarsipan

OJS mempunyai sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi).