Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Kombinasi Bangun Ruang Pada Materi Pasar Output

  • anindita trinura STKIP PGRI BANGKALAN

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peningkatan kualitas peserta didik dilakukan dengan perubahan paradiqma dalam bidang pendidikan, khususnya dalam pengelolaan pembelajaran. Penerapan model pembelajaran yang lebih inovatif menjadi salah satu pilihan untuk menghasilkan siswa yang berprestasi serta dapat bersaing dalam perubahan global sehingga dapat mengikuti pembaharuan pendidikan. Permasalahan dirumuskan, bagaimana penggunaan media kombinasi bangun ruang memberi dampak pada aktivitas, hasil belajar dan respon siswa di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas siswa, ketuntasan belajar siswa, dan respon siswa dalam memahami materi pasar output dengan penggunaan media kombinasi bangun ruang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 SMA N 2 Bangkalan. Total siswa di kelas 36 siswa, dengan jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan siswa perempuan 21 siswa. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas (PTK), dengan perolehan data dilakukan melalui data primer berupa angket yang diisi siswa juga pengamat dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui nilai tes belajar setelah pemberian materi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa di kelas selama mengikuti pembelajaran sangat baik, nilai belajar siswa secara klasikal menunjukkan ketuntasan dalam hasil belajar dari siklus 1 sampai siklus 3, serta respon siswa yang menunjukkan berada pada rentang kriteria respon positif. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media kombinasi bangun ruang sangat membantu siswa untuk mudah memahami karakteristik pasar output yang terdiri dari berbagai macam karakteristik.

Published
Nov 30, 2018
How to Cite
TRINURA, anindita. Penerapan Pembelajaran Menggunakan Media Kombinasi Bangun Ruang Pada Materi Pasar Output. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 108-117, nov. 2018. ISSN 2597-7806. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/610>. Date accessed: 12 dec. 2018.
Section
Articles