PERANAN PENGEMBANGAN SUMBER MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA (STUDY KASUS PADA KARYAWAN PT. GUNAWAN DIANJAYA STEEL TBK)

  • Samad Umarella IAIN Ambon

Abstract

Suatu perusahaan jasa pada umumnya mempunyai tujuan atau sasaran yang sama yaitu memberikan kualitas yang sebaik-baiknya, keberhasilan dalam mempertahankan kualitas, mendapatkan laba dan berkembang. Untuk mencapai itu semua, diperlukan pemanfaatan sumber dafya manusia. Dengan adanya persaingan yang sangat ketat harus diimbangi dengan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kerja (study kasus pada karyawaan) sebagai pemberi motivasi agar karyawan dapat melakukan proses pelayanan secara cepat dan tepat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan kualitas kerja (study kasus pada karyawan PT. Gunawan Dianjaya Steel Tbk).


Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari observasi, interview dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan diuji dengan uji F untuk menguji pengembangan sumber daya manusia secara simultan/bersama-sama serta uji t untuk menguji masing-masing variable bebas secara parsial terhadap peningkatan kualitas kerja.


Dari hasil penelitian dan pembahasan ternyata variable pengembangan sumber daya manusia berpengaruh secara simultan terhadap peningkatan kualitas kerja setelah diuji dengan uji F. dan setelah itu diuji secara parsial dengan menggunakan uji t variable pengembangan sumber daya manusia berpengaruh terhadap peningkatan kualitas kerja. Variable yang berpengaruh paling dominan terhadap pengembangan kualitas kerja adalah pengembangan kebutuhan pekerjaan.


 


Kata Kunci:  Pengembangan, Peningkatan, dan Kualitas Kerja

Published
Jul 28, 2018
How to Cite
UMARELLA, Samad. PERANAN PENGEMBANGAN SUMBER MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KERJA (STUDY KASUS PADA KARYAWAN PT. GUNAWAN DIANJAYA STEEL TBK). Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 129-148, july 2018. ISSN 2597-7806. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/531>. Date accessed: 18 oct. 2018.