UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

  • Joko Septaryanto STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Jenis kooperatif jigsaw, Alat kesadaran manusia

Abstract

IPS adalah pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa sehingga kegiatan belajar mengajar sering terlihat siswa merasa takut dan tegang. Ini menyebabkan kesulitan siswa untuk menerima materi yang disajikan oleh guru. Bukti empiris di lapangan menunjukkan masih banyak siswa yang tidak memahami sarana material indra manusia. Fakta tersebut di atas mendorong penulis untuk melakukan penelitian melalui penerapan pembelajaran kooperatif jigsaw ipe untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi organ indera manusia IV SDN Togubang 2.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pembelajaran dan hasil belajar siswa IPS. Untuk pencapaian tujuan yang dijelaskan di atas, digunakan pembelajaran kooperatif jigsaw.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1). Menggunakan model jigsaw kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar hingga 90% siswa kelas empat (empat) di SDN Togubang 02 mata pelajaran IPA, materi organ indera manusia. (2). Menggunakan model kooperatif jigsaw dapat menyelesaikan hasil belajar siswa kelas IV (empat) mata pelajaran IPA materi organ sensorik manusia hingga 100% di SDN Togubag 02, Kecamatan Geger, Bangkalan.

Kata kunci: Jenis kooperatif jigsaw, Alat kesadaran manusia.

Published
2018-07-28