ANALISIS TENTANG RETRIBUSI PERIJINAN DALAM PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN BANGKALAN

  • Dwi Sambada Universitas Terbuka
Keywords: Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Perijinan

Abstract

Dalam upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pemerintah daerah diharuskan menggali sumber-sumber keuangan yang ada di daerah sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimiliki pemerintah daerah seperti pajak daerah, retribusi daerah, hasil perusahaan yang dimiliki daerah, dan pendapatan lain-lain yang sah. Salah satu komponen dari retribusi daerah adalah retribusi perijinan.

Pertanyaan peneliti dalam penelitian ini adalah seberapa besar kontribusi yang diberikan retribusi perijinan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Bangkalan. Sedangkan tujuan peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi yang diberikan retribusi perijinan terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangkalan.

Objek peneliti dalam penelitian ini adalah Dinas Pendapatan Kabupaten Bangkalan yang berlokasi di Jalan Pemuda Kaffa No. 10 Bangkalan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, data yang digunakan adalah data sekunder dengan cara dokumentasi, dan selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis kualitatif.

Dari hasil penelitian diketahui segi persentase penerimaan retribusi perijinan tahun 2009 sebesar 100,17%, pada tahun 2010 sebesar 92,22%, dan pada tahun 2011 sebesar 112,03%. Sedangkan persentase penerimaan retribusi perijinan terhadap total pendapatan daerah mengalami peningkatan dan penurunan yaitu pada tahun 2009 sebesar 1,73%, pada tahun 2010 meningkat menjadi 2,79%, dan pada tahun 2011 menurun menjadi 1,09%. Dari persentase-persentase di atas, dapat dijelaskan bahwa penerimaan retribusi perijinan selama tiga tahun terakhir mengalami ketidakstabilan, sehingga perlu di tingkatkan kembali.

Kata Kunci: Pendapatan Asli Daerah, Retribusi Perijinan.

 

Published
2018-07-28