ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI PRESTASI KINERJA KEUANGAN KOPERASI UNIT DESA SOCAH BANGKALAN TAHUN BUKU 2007-2010

  • Aulia Dawam STKIP PGRI Bangkalan

Abstract

Analisis laporan keuangan mempunyai pengaruh yang sangat besar untuk mengukur prestasi manajemen di bidang keuangan suatu koperasi, pada dasarnya laporan keuangan merupakan hasil proses dari akuntansi yang dapat digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi. Berhasil atau tidaknya suatu koperasi dalam menjalankan tugasnya pada umumnya ditandai dengan kemampuan manajemen dalam mengevaluasi pelaksanaan masa lalu dan melihat kemungkinan serta kesempatan di masa yang akan datang keputusan ekonomi yang diambil pemakai laporan keuangan. Dengan analisis rasio keuangan dapat diketahui gambaran mengenai hasil serta perkembangan koperasi dalam kurun waktu tertentu.


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prestasi manajemen dibidang keuangan pada Koperasi Unit Desa Socah Bangkalan dengan menggunakan analisis rasio keuangan periode 2007-2010.


Jenis dan sumber data penelitian ini adalah jenis data kuantitatif dan datanya adalah data sekunder. Dalam usaha untuk mengukur prestasi manajemen keuangan di KUD Socah Kab. Bangkalan dihitung menggunakan rasio lekuiditas, solvabilitas, profitabilitas.


Kesimpulan penelitian dari studi adalah alat untuk mengukur prestasi manajemen keuangan dalam rasio likuiditas (Current ratio, Cash ratio, Quick ratio) menunjukkan bahwa KUD “Socah” Kec. Socah Kab. Bangkalan rasio likuiditas mengalami fluktuasi atau naik turun artinya, dapat memenuhi kewajiban jangka pendek, rasio. Solvabilitas (Debt ratio, Total debt to equity ratio, Long turn debt to equity ratio) mengalami penurunan yang signifikan dan profibilitas (Net profit margin, Operation ratio, Rentabilitas modal sendiri) mengalami fluktuasi setiap tahunnya.


 


Kata Kunci: Rasio Likuiditas, Solvabilitas, Profitabilitas, Prestasi Kinerja Keuangan Koperasi.

Published
Jul 28, 2018
How to Cite
DAWAM, Aulia. ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI PRESTASI KINERJA KEUANGAN KOPERASI UNIT DESA SOCAH BANGKALAN TAHUN BUKU 2007-2010. Eco-Socio: Jurnal ilmu dan Pendidikan Ekonomi, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-15, july 2018. ISSN 2597-7806. Available at: <http://jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/ECS/article/view/521>. Date accessed: 16 dec. 2018.
Section
Articles