Analisis Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Faktor Kualitas Produk, Lokasi Usaha Dan Persepsi Harga (Studi Kasus di CV.Elmectro Mandiri Taman-Sidoarjo)

  • Nuning Nurna Dewi Nuning Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Rudi Wibowo Rudi Universitas Maarif Hasyim Latif
Keywords: Kualitas Produk, Lokasi Usaha, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh Kualitas Produk, Lokasi Usaha dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian di Cv. Elmectro Mandiri Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen yang pernah melakukan pembelian di Cv. Elmectro Mandiri Taman Sidoarjo dengan sampel 60 orang, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan Program SPSS Versi 20.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa Kualitas Produk, Lokasi Usaha dan Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan dengan masing-masing nilai thitung > t tabel 2,248 – 2,723 – 2,665 > 2,00324. Hasil uji F diperoleh nilai f hitung 11,546  >  f tabel 2,77 dengan nilai signifikasi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara simultan atau bersama-sama Variabel Kualitas Produk, Lokasi Usaha dan Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian konsumen. Dari hasil Analisis diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 0,382 yang berarti dari ketiga variabel independen tersebut (Kualitas Produk, Lokasi Usaha dan Persepsi Harga) memberikan pengaruh secara bersama-sama sebesar 38,2% dan sebesar 61,8 % sisanya dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dipenelitian ini.

Published
2020-05-31