Pengaruh Faktor-Faktor Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan

  • Romiftahul Ulum STKIP PGRI Bangkalan
  • Maizahroh STKIP PGRI Bangkalan
Keywords: Kinerja Guru, Kebutuhan Fisiologis, Kebutuhan Rasa Aman

Abstract

Motivasi untuk bekerja sangat penting bagi tinggi rendahnya kinerja guru dalam suatu lembaga. Tanpa adanya motivasi dari para guru untuk bekerja sama bagi kepentingan lembaga maka tujuan yang telah ditetapkan tidak akan tercapai. Sebaliknya apabila terdapat motivasi yang besar dari para guru untuk bekerja sama maka hal tersebut merupakan suatu jaminan atas keberhasilan sebuah lembaga dalam mencapai tujuannya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi linier berganda dan spss. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumetasi dan angket. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMA Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan sebanyak 25 guru.

Kesimpulan penelitian ini adalah Pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa variabel Motivasi Kerja berpengaruh secara simultan terhadap Kinerja guru di SMA Darul Mustofa Tunjung Burneh Bangkalan. Terbukti dengan nilai koefisien determinasi berganda (R2) atau R square = 0,620, Fhitung 17,972 lebih besar dari Ftabel pada tingkat α = 5% (17,972 > 2,66). Dan tingkat signifikansi < level of signifikacant (α) = 0,05).

Published
2020-05-31