Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Penjualan Terkomputerisasi Menggunakan Eub (Easy To Use Business) Pada UD. “X” Surabaya

  • Joshua Kirawan Joshua Universitas Widya Kartika
  • Revi Arfamaini Revi Universitas Widya Kartika
Keywords: Sistem Informasi Akuntansi, Penjualan Tunai dan Kredit

Abstract

Indonesia merupakan Negara Maritim dengan salah satu penghasilan laut terbanyak di dunia oleh karena itu penggunaan alat – alat perikanan untuk nelayan sangat penting agar bisa menjaga ekosistem laut. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi akuntansi yang bisa membuat suatu laporan keuangan menjadi lebih teratur dan efisien.

Objek penelitian ini merupakan Unit Dagang (UD) “X” Surabaya yang bergerak dalam menjual alat – alat perikanan. UD. “X” ini memiliki permasalahan meliputi piutang yang telat di tagih, penyimpanan data, dan perhitungan transaksinya. Perancangan sistem informasi akuntansi dilakukan dengan menggunakan program bernama Mysql. Sistem informasi akuntansi ini juga berbasis online. Metode yang digunakan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode untuk pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini akan memberikan flowchart dan juga software sistem informasi akuntansi untuk penjualan tunai, penjualan kredit serta database nya. Dengan adanya software ini diharapkan agar dapat membantu mempercepat penjualan tunai maupun kredit dan menyimpan database yang digunakan oleh objek penelitian.

Published
2020-05-31